HOME > LAYANAN > SUNAT ANAK-ANAK 
 
 
 

SUNAT ANAK-ANAK 

Sunat Anak-anak adalah sunat yang dilakukan pada anak usia 2 hingga 12 tahun, atau hingga lulus Sekolah Dasar. Yang demikian yang paling umum dipraktekkan di Indonesia, yang terbanyak dilakukan saat anak berusia 5 atau 7 hingga 12 tahun.
Keuntungan sunat yang dilakukan pada usia ini adalah anak sudah dapat diajak diskusi dan dapat mengerti alasan dilakukannya tindakan sunat pada mereka, sehingga mental mereka lebih siap dan bisa menerima, karena tidak sama dengan bayi, anak-anak sudah dapat mengingat tindakan sunat yang dilakukan pada mereka. Keuntungan yang lain adalah dari segi bentuk anatomis penis anak sudah relatif sama dengan dewasa, sehingga hasil setelah disunat bentuknya tidak banyak berubah dan relatif sama ketika nanti sudah dewasa. 
Metode sunat yang bisa diterapkan relatif masih cukup longgar, semua metode hampir bisa diterapkan, 
Metode yang banyak disukai adalah metode 'klamp' (Alisklamp/Smartklamp/Mahdian klem), karena setelah sunat anak tidak terhalang untuk bisa tetap bermain, yang itu memang merupakan dunianya. Namun saat ini banyak juga anak sunat memakai metode "LEM SUPER" karena kelebihannya yakni tidak ada alat yang menempel pasca sunat (semisal sunat metode KLEM atau metode CINCIN) dan juga anak tidak harus kontrol pasca sunat, yang biasanya banyak anak yang trauma pasca sunat sehingga takut dan cenderung menolak saat diajak kontrol pasca sunat atau kontrol untuk melepas klem sunat (sunat metode klamp). 
Pemilihan metode sunat itu semuanya tergantung dari tenaga medis yang mengerjakan berdasarkan pengalaman, juga tergantung orang tua anak, apa harapan nya, namun tidak kalah penting untuk mengajak anaknya sendiri berdiskusi, mendengar keinginan dia, kadang kala anak sudah punya referensi sendiri berdasarkan informasi yang dia terima dari teman sebayanya yang telah disunat.
 
 
 
rajasunatan.com
2