HOME > ARTIKEL > PERSIAPAN SEBELUM SUNAT DEWASA
 
 
 

PERSIAPAN SEBELUM SUNAT DEWASA

Persiapan yang perlu dilakukan untuk pria dewasa ketika hendak sunat antara lain :

1. Dianjurkan untuk konsultasi dahulu kepada tenaga medis yang hendak melakukan tindakan sunat. Hal ini berguna agar timbul kemantapan hati dan tidak ragu atau bingung dengan proses sunat yang dilakukan.

2. Melakukan pemeriksaan laboratorium tertentu, terutama bila tindakan sunat menggunakan metode terbuka (tanpa menggunakan alat sunat khusus, seperti alisklamp), dimana ada luka terbuka yang berpotensi mengalami resiko perdarahan. Biasanya yang perlu diperiksa adalah GDS (Gula Darah Sewaktu), Darah Rutin, Bleeding Time-Clothing Time (tidak perlu bila sunat menggunakan metode Alisklamp, karena resiko perdarahan tidak ada/ minimal).

3. Sebelum disunat jangan lupa mencukur bulu pubis (kelamin) sebaiknya 2 hari sebelumnya (terutama untuk sunat metode terbuka), agar tidak mengganggu proses sunat dan mengurangi resiko infeksi pasca sunat.

4. Siapkan celana agak longgar (seperti celana basket/boxer) atau celana khusus sunat bila sunat metode laser agar luka jahitan sunat tidak tergesek2 yang beresiko timbul perdarahan. Bila sunat dengan metode Alisklamp, cukup pakai celana biasa sehari2 karena resiko perdarahan tidak ada/minimal.

5. Makanlah dahulu sebelum sunat agar setelah sunat bisa langsung minum obat penghilang nyeri. Sunat yang dilakukan menggunakan anestesi lokal sehingga obat bius hanya bekerja sebentar dan harus disambung dengan obat minum penghilang nyeri.

6. Bagi yang sudah punya pasangan, siapkan mental untuk berpuasa tidak berhubungan intim, sampai luka sunat sembuh sempurna. Sehingga hali ini perlu dikomunikasikan dengan pasangan.

 
 
 
rajasunatan.com
2