HOME > ARTIKEL > PERSIAPAN SEBELUM SUNAT ANAK
 
 
 

PERSIAPAN SEBELUM SUNAT ANAK

Ketika anak sudah tiba waktunya untuk disunat (atau anaknya sendiri yang menyatakan ingin disunat), seringkali orang tua kebingungan apa yang harus disiapkan, apalagi bila hal ini merupakan kali pertama akan mengkhitankan anak.

Berikut persiapan yang perlu dilakukan agar sunat anak berjalan lancar :

1. Tanyakan kesiapan anak

Hal ini penting dilakukan agar anak tidak merasa dipaksa (kecuali pada sunat ketika masih bayi). Berikan pengertian pentingnya sunat, terutama dari segi agama, selain dari segi kesehatan atau yang lain. Hindari perasaan keterpaksaan pada anak, jangan memaksakan sunat kepada anak bila memang belum siap, sebaliknya beri dukungan untuk meningkatkan keberaniannya dengan memberi pujian.

2. Cari informasi yang cukup mengenai sunat, baik tempatnya (klinik/ rumah sakit), tenaga medis pelaksananya, metode sunatnya, biaya, dll.

Saat ini telah berkembang berbagai metode sunat, mulai yang sederhana/ tradisional atau yang modern, masing2 punya kelebihan dan kekurangannya sendiri, ini bisa dicari lewat internet atau bertanya kepada orang yang pernah mengkhitankan anaknya. Survey lokasi dan konsultasi kepada tenaga medis yang melayani sunat sangat disarankan.

3. Ketika hendak berangkat sunat, jangan lupa makan sebelumnya, agar setelah selesai sunat anak dapat langsung minum obat penghilang nyeri.

4. Bawalah mainan kesukaan anak atau gadget game agar bisa untuk mengalihkan perhatian/ ketakutan anak saat tindakan sunat dilakukan.

5. Dampingi anak disisinya ketika disunat, sambil membesarkan hatinya bila timbul rasa takut pada anak. Jangan sekali2 memarahi anak karena biasanya anak tambah takut bahkan bisa berontak yang berakibat memperlambat proses sunat. Bila anak menangis biarkan saja asal tidak mengganggu proses sunat (anak menangis sering bukan karena nyeri tapi lebih karena takut). Lebih baik anak diajak berdoa agar proses sunat berjalan lancar.

6. Siapkan celana longgar atau celana khusus sunat untuk dipakai setelah proses sunat selesai. Membawa sarung juga dianjurkan, terutama bila khawatir anak masih takut, untuk menutup muka anak ketika disunat.

7. Segera minum obat setelah proses sunat selesai, karena obat bius lokal biasanya hanya bertahan setengah jam saja (kecuali minta kepada dokter diberikan obat bius yang bertahan lebih lama).

8. Perhatikan baik2 dan catat petunjuk dokter mengenai perawatan pasca sunat, kapan harus kontrol, dst. Jangan segan untuk minta nomor telpon dokter yang menangani untuk jaga2 bila ada hal2 yang perlu dikonsultasikan nantinya.

 
 
 
rajasunatan.com
2